Home / Lain-lain / Kelompok Budidaya Ikan di Palangka Raya Dapat Kartu Asuransi

Kelompok Budidaya Ikan di Palangka Raya Dapat Kartu Asuransi

Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Indriarti Ritadewi menyerahkan kartu asuransi kepada kelompok budidaya ikan kecil.
Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Indriarti Ritadewi menyerahkan kartu asuransi kepada kelompok budidaya ikan kecil.

Pemko Palangka Raya memberikan perhatian serius kepada para kelompok budidaya ikan. Salah satu bentuknya dengan memberikan jaminan berupa asuransi yang bisa diklaim jika usaha perikanan mengalami kendala.

Kartu asuransi tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Indriarti Ritadewi kepada kelompok budidaya ikan kecil usai mengadakan rapat dengan para penyuluh serta beberapa kelompok budidaya ikan kolam.

Kartu asuransi tersebut berlaku jika usaha ikan yang dikembangkan mengalami suatu permasalahan, di antaranya seperti gagal panen dikarenakan sakit atau faktor cuaca. Jumlah yang bisa diklaim melalui kartu tersebut mencapai Rp 13.500.000.

“Kartu ini dikeluarkan oleh kementerian melalui Jasindo dan bisa diklaim dengan urut-urutan pembudidaya sebelumnya harus melaporkan terlebih dahulu kepada penyuluh masalah yang dialami,” kata Ritadewi, Kamis 7 Januari 2021.

“Setelah itu penyuluh menyampaikan ke Dinas Perikanan Kota untuk selanjutnya meneruskan ke Kementerian untuk mendapat persetujuan lebih lanjut,”jelasnya.

Sementara itu berdasarkan laporan dari para penyuluh, kelompok budidaya ikan pemula masih kesulitan untuk memasarkan hasil panennya. Pasalnya, selama ini pemasaran ikan selalu dikuasai oleh para tengkulak.

“Bagian ini menjadi PR untuk Dinas Perikanan kota. Dalam waktu dekat kami akan mengadakan rapat bersama kelompok pembudidaya ikan yang sudah lama maupun kelompok budidaya ikan pemula,”pungkasnya.

 

sumber: https://www.borneonews.co.id

About web admin

Check Also

Ciptakan Sumber Ekonomi Baru, Menteri Trenggono Akan Bangun Sentra Budidaya

SIARAN PERS KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN Nomor: SP.20/SJ.4/I/2021 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah fokus …