Home / Lain-lain / Menteri KKP Trenggono: Kita Jangan Sampai Kalah dengan Perampok

Menteri KKP Trenggono: Kita Jangan Sampai Kalah dengan Perampok

Menteri KKP Trenggono: Kita Jangan Sampai Kalah dengan Perampok - JPNN.com

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono menegaskan komitmennya memperkuat kelembagaan ekosistem pengawasan kawasan perairan nasional guna melawan perampok kekayaan laut Nusantara.

Trenggono menegaskan bahwa dirinya akan mendukung penguatan kelembagaan pengawasan di lokasi-lokasi rawan seperti Laut Natuna Utara maupun lokasi lainnya.

“Kita jangan sampai kalah dengan pihak-pihak tak bertanggung jawab yang ingin merampok kekayaan laut Nusantara,” ucap Trenggono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (29/12).

Mantan Wakil Menteri Pertahanan RI itu menyebutkan, ekosistem pengawasan terintegrasi menjadi salah satu strategi yang akan didorong agar pelaksanaan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Dia juga memastikan bakal memperkuat pengawasan di wilayah rawan penangkapan ikan ilegal.

Menurut Trenggono, ekosistem pengawasan harus terintegrasi mulai dari kapal pengawas, kelembagaan pengawasan, sumber daya manusia, teknologi serta sarana pendukung lainnya. Dia pun menekankan pentingnya ekosistem pengawasan yang terintegrasi sebagai pendekatan yang komprehensif dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan dan pemberantasan pencurian ikan.

Dengan demikian, kata Trenggono, aparat di lapangan dapat merespons berbagai dinamika dan tantangan dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.
Menteri Trenggono juga mengatakan, selain kapal-kapal ikan asing ilegal, pemantauan dan pengawasan terhadap kapal Indonesia juga harus dilaksanakan.

“Saya sangat concern dengan isu keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan. Sumber daya kelautan dan perikanan harus benar-benar dimanfaatkan secara berkelanjutan,” pungkas Trenggono

sumber: https://www.jpnn.com

 

About web admin

Check Also

Ciptakan Sumber Ekonomi Baru, Menteri Trenggono Akan Bangun Sentra Budidaya

SIARAN PERS KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN Nomor: SP.20/SJ.4/I/2021 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah fokus …