Home / Lain-lain / Ikan channa ikan hias dari kerabat ikan gabus

Ikan channa ikan hias dari kerabat ikan gabus

Tren memelihara ikan hias mengalami peningkatan di tengah pandemi virus corona. Tak hanya ikan cupang dan ikan guppy, nelakangan muncul jenis ikan hias baru yang mulai digemari. Ikan ini mirip dengan ikan gabus.

Akun Twitter @ridwanhr, misalnya, mengaku heran ketika ada sejumlah orang yang memelihara ikan gabus seharga motor. Dalam unggahannya itu, ia menyertakan foto ikan mirip ikan gabus yang memiliki banyak warna dan corak.

Dari penulusuran Kompas.com, di salah satu toko jual beli online, terdapat iklan yang menawarkan ikan tersebut dengan harga Rp 20 juta.

 

Penjelasan ahli

Dosen Departemen Perikanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Triyanto mengatakan ikan hias yang mirip dengan ikan gabus tersebut merupakan ikan channa. Menurutnya, ikan channa termasuk kerabat dari ikan gabus, tetapi beda spesies. “Karena ikan gabus itu kan tersebar dari Indonesia, Asia Selatan, Asia Timur,” kata Triyanto saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/12/2020).

Sama seperti ikan cupang dan ikan hias lainnya, ikan channa bisa dibandrol mahal karena corak, warna, serta prilaku. “Sama halnya barang seni, ikan itu pada saat banyak penggemarnya ya naik otomatis. Harga channa itu bisa mahal karena warnanya, batikannya, dan prilakunya,” jelas dia.

“Makanya orang-orang yang melihara channa itu biasa ngasih makannya tidak setiap hari, jadi biar ikan itu bisa mengejar makanannya,” tambahnya.

Kendati demikian, Triyanto menyebut ada beberapa jenis ikan channa yang dilarang masuk ke Indonesia. Seperti ikan channa dari Korea dan Rusia.

Sebab, ikan tersebut bisa merusak lingkungan sekitarnya, seperti yang terjadi di beberapa daerah.

Dilansir Kompas.com, 26 November 2020, beberapa jenis ikan channa di Indonesia adalah yellow sentarum, red sampit, channa asiatica, dan strip merah.

Di luar Indonesia, ada ikan channa stewartii kalikhola, andrao, auranti, hingga bleheri.

Untuk harga ikan channa lokal, contohnya anakan yellow sentarum ukuran 5-6 cm umumnya dibanderol kisaran Rp 30.000 – Rp 45.000 per ekor.

Sementara itu, harga ikan channa impor seperti jenis pulchra ukuran 5-6 cm dijual Rp 50.000 per ekor.

Ikan channa bisa hidup di air yang minim oksigen. Sehingga, tidak memerlukan instalasi aerator atau penambah oksigen di akuarium.

Sumber: Kompas.com

About web admin

Check Also

Ciptakan Sumber Ekonomi Baru, Menteri Trenggono Akan Bangun Sentra Budidaya

SIARAN PERS KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN Nomor: SP.20/SJ.4/I/2021 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah fokus …