Home / Lain-lain / Cara Praktis Membudidayakan Lele

Cara Praktis Membudidayakan Lele

Budidaya lele merupakan potensi bisnis yang bisa anda coba. Lele memiliki permintaan yang tinggi di pasaran. Tak heran, sebab ikan air tawar yang satu ini sering dijadikan menu hidangan di rumah makan, ataupun kedai-kedai kuliner lainnya.

Membudidayakan atau beternak lele relatif bisa dibilang mudah. Hal ini dikarenakan mudahnya mencari ikan satu ini termasuk mencari bibitnya. Perawatannya pun terbilang mudah karena lele memiliki daya tahan cukup kuat dan juga masa panen yang cenderung cepat.

Bagi anda yang tertarik membudidayakan lele, sebaiknya anda simak penjelasan berikut ini. 6 cara membudidayakan lele, mudah dan praktis untuk dicoba.

  1. Membuat Business Plan

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah membuat business plan untuk bisnis budidaya lele anda, Hitunglah berapa modal yang diperlukan untuk membuat media kolam lele tersebut. Kemudian hitung juga berapa pengeluaran untuk membeli bibit beserta pakannya. Jangan lupakan juga biaya tambahan lain yang diperlukan seperti untuk air, listrik dan lain sebagainya.

  1. Mempersiapkan Media Kolam Lele

Lele bisa dibudidayakan di beberapa media kolam, yakni kolam tembok, kolam tambak tanah ataupun media kolam terpal. Perhatikanlah penetapan lokasi yang akan dijadikan kolam. Carilah tempat yang strategis dan mudah untuk dipantau. Jangan lupakan penyinaran matahari dan suhu tempat tersebut.

  1. Memilih Bibit Unggulan

Tak kalah pentingnya untuk anda memperhatikan bibit unggulan yang akan ditebar. Keberhasilan dan kesuksesan memanen lele nanti ditentukan dari pemilihan bibit. Pilihlah bibit yang unggul dan sehat untuk menghindari kegagalan panen.

  1. Penebaran Bibit

Jika bibit lele sudah di sortir dan siap untuk ditebar sebaiknya anda diamkan sejenak pada wadah berisi air. Kemudian tebar secara perlahan dan biarkan tercampur dengan air kolam. Hal ini dimaksudkan agar bibit-bibit lele tersebut dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan barunya.

  1. Perawatan Secara Rutin dan Teratur

Bibit yang sudah ditebar tadi harus terus dipantau dan dirawat secara rutin dan teratur, Perhatikan kedalaman air dan jaga supaya air ketinggiannya stabil. Bersihkan juga air kolam secara rutin.

Hal terpenting juga anda harus memberi pakan lele secara teratur. Biasanya lele diberi pakan 3 kali dalam sehari, yakni pagi, sore dan malam hari. Perhatikan saat memberi makan jika mereka aktif tandanya lele tumbuh dengan sehat.

  1. Pencegahan Hama dan Penyakit

Pencegahan hama dan penyakit ini sangatlah penting untuk keberhasilan panen anda. Pantau secara rutin agar tidak ada hama yang masuk ke kolam. Hama ini bisa berupa hewan liar yang memburu ikan untuk dijadikan santapan. Jika perlu beri juga pagar penghalang di sekeliling kolam.

Pastikan juga lele terbebas dari penyakit. Maka dari itu anda harus menjaga kebersihan kolam. Bila perlu tambahkan juga obat-obatan yang bisa anda beli di toko perikanan.

 

Sumber: https://potensibisnis.pikiran-rakyat.com

About web admin

Check Also

Tingkatkan produksi budidaya, KKP salurkan benih dan pakan ikan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meningkatkan produksi perikanan budidaya dengan menyalurkan benih dan pakan ikan …