Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / Meningkatkan Warna pada Ikan Arwana

Meningkatkan Warna pada Ikan Arwana

Ikan arwana menjadi salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati. Selain karena keindahan warna tubuhnya, ikan arwana juga termasuk ikan yang dipercaya membawa keberuntungan bagi para pemeliharanya. Mitos yang sama juga berlaku pada jenis ikan lainnya, seperti koi.

Seperti yang telah disebutkan, daya tarik ikan arwana ialah terletak pada warna tubuhnya. Semakin bagus warnanya tentu harganya juga akan semakin tinggi. Warna-warna pada ikan arwana mulai dari silber hingga merah.

Pemelihara ikan arwana akan mati-matian dalam menjaga warna ikan arwana mereka tidak memudar. Bahkan, beberapa pemelihara juga mencoba meningkatkan warna arwana yang ia miliki. Warna ikan arwana diketahui dipengaruhi oleh jumlah pakan dan kualitas pakan yang diberikan. Maka, dengan memberikan perawatan yang tepat serta memberikan pakan yang berkualitas tentu akan menjaga warna ikan arwana tetap terang.

Dari penjelasan tersebut, dapat dikatakan bahwa cara terbaik dalam meningkatkan warna ikan arwana ialah dengan memberikan pakan yang berkualitas. Pakan ikan arwana sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu pakan hidup dan tidak hidup.

Pakan hidup adalah pakan yang berasal dari hewan hidup dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh arwana. Contoh sumber pakan hidup bagi arwana adalah kelabang, jangkrik, katak kecil, ikan bahkan kecoa. Sedangkan untuk pakan tak hidup ini bersumber dari hewan yang telah dibekukan, dibuat menjadi pelet, atau hewan yang telah dikeringkan.

Semua pakan yang diberikan asalkan memiliki kualitas yang baik tentu akan memberikan manfaat bagi tubuh ikan arwana termasuk dalam meningkatkan warna tubuhnya. Selain memberikan pakan, pemelihara juga sebaiknya memberikan vitamin.

Berbagai jenis vitamin untuk ikan dapat dengan mudah dijumpai di pasaran. Salah satunya yang paling sering digunakan oleh pemelihara ikan hias adalah spirulina. Spirulina sendiri merupakan produk penambah pakan yang terbuat dari tumbuhan air dengan kandungan nutrisi yang komplit dan berguna bagi semua jenis ikan.

Salah satu manfaat dari spirulina adalah mencerahkan dan meningkatkan warna ikan hias. Cara menggunakan spirulina ialah dengan mencampurkannya pada pakan secara merata kemudian tebarkan seperti biasa ke dalam kolam atau akuarium yang Anda punya.

Sumber: https://www.isw.co.id

About web admin

Check Also

Beragam Manfaat Kartu Kusuka Bagi Pelaku Usaha Perikanan

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mencanangkan program Perlindungan dan Pemberdayaan Pelaku …