Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / Tingkatkan Perekonomian Nasional, KKP Dorong Budidaya Bawal Bintang Untuk Ekspor

Tingkatkan Perekonomian Nasional, KKP Dorong Budidaya Bawal Bintang Untuk Ekspor

Untuk mendongkrak perekonomian nasional, salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) adalah dengan mendorong Budidaya Bawal Bintang, seperti yang tengah dilakukan di Provinsi Kepulauan Riau.

“Harapannya, di Kepri sebagai provinsi kepulauan dengan 99 persen adalah laut, terbentuk sentra-sentra kawasan budidaya dengan berbagai komoditas unggulan yang dapat memberikan dampak signifikan bagi devisa negara dan perekonomian Indonesia,” kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto dalam siaran pers, Minggu (8/3/2020).

Dikatakan Slamet, hingga saat ini KKP terus mendorong pembudidaya untuk mengembangkan berbagai komoditas ikan laut, salah satunya adalah  Bawal Bintang.

Dirinya menuturkan bahwa ikan tersebut dikenal dengan merek dagang silver pompano yang telah berkembang di Tanah Air.

Adapun teknologi budidaya bawal bintang sudah dikuasai dengan tingkat produksi yang dinilai cukup tinggi. Selain itu, masih menurut dia, peluang pasar ikan bawal bintang juga cukup besar baik di pasar lokal maupun ekspor.

Oleh karena itu, Slamet menilai upaya pengembangan usaha budidaya bawal bintang masih terbuka untuk dikembangkan dalam berbagai skala usaha.

Slamet memaparkan, beberapa kegiatan pembangunan perikanan budidaya laut yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP, di antaranya; Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) dengan konsep sentra kawasan yakni di Provinsi Aceh pada 2017-2019, di Kabupaten Meranti pada 2021-2022 dan pada 2021-2023 di Provinsi Kepulauan Riau.

 

Sumber: https://pasardana.id/

About jion

Check Also

Buka Keran Ekspor, KKP Mulai Fokus Pengembangan Budidaya Lobster

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan untuk mulai fokus pada pengembangan budidaya lobster nasional. Direktur …