Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / Wagub DIY Ajak Bentuk Jaringan Usaha Perikanan Penthahelic

Wagub DIY Ajak Bentuk Jaringan Usaha Perikanan Penthahelic

Sektor perikanan budidaya dapat menjadi penggerak ekonomi di masa depan. Mengingat masih terbuka lebarnya pasar untuk produksi ikan budidaya. Wakil Gubernur DIY (Wagub DIY) Paku Alam X menyampaikan pernyataan ini pada kunjungan kerja dan peninjauan hibah Gubernur DIY tahun 2019 di Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Mino Lestari Grojogan Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Selasa (11/2/2020).

Namun agar benar-benar dapat menjadi penggerak ekonomi, sektor perikanan budidaya harus dikelola dengan berkelanjutan. Dengan membentuk jaringan usaha perikanan secara penthahelic melibatkan pemerintah, Akademisi, komunitas, swasta, media massa dan dunia usaha. Kerja sama dilakukan mulai dari proses produksi, pengolahan hingga pemasaran.

“Untuk dapat menghasilkan produksi ikan konsumsi maupun hobi yang berkualitas. Maka perlu memperhatikan konsep dan metode dalam pemilihan indukan, inovasi wadah dan pengendalian hama,” jelas Paku Alam X usai melakukan tebar benih ikan.

Dalam laporannya, Lurah Desa Wirokerten mengatakan pada tahun 2019 Pokdakan Mina Lestari mendapat hibah dari Gubernur DIY senilai 1,5 Miliar Rupiah. Hibah dimanfaatkan untuk membuat 22 kolam meliputi kolam indukan, kolam pembenihan dan kolam.produksi. Serta pembangunan sarana pendukung seperti saluran irigasi.

Di atas lahan sekitar 4 hektare ini nantinya akan dibangun pusat kegiatan perikanan yang terintegrasi dengan kegiatan pariwisata dan pendidikan. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Wirokerten.

 

sumber: https://www.timesindonesia.co.id/

About jion

Check Also

Anggaran pengembangan perikanan budi daya 2020 tembus Rp1 triliun

Raker Komisi IV DPR RI sudah menyetujui anggaran untuk budi daya ditambah Rp300 miliar… Dirjen …