Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / Ketum MAI : Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen Mudah Dicapai dengan Potensi Sektor Kemaritiman

Ketum MAI : Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen Mudah Dicapai dengan Potensi Sektor Kemaritiman

MAI-Pakar Kemaritiman yang juga Guru Besar Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Prof Rokhmin Dahuri mengajak civitas akademika Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar berperan aktif mendorong pemanfaatan potensi ekonomi kemaritiman dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kata kuncinya sektor kelautan perikanan, kemaritiman dengan potensi raksasa 1,4 T USD per tahun dapat menyerap tenaga kerja sekitar 45 juta orang per tahun,” ujarnya saat menjadi narasumber pada kuliah umum fakultas perikanan dan ilmu kelautan di Kampus UNHAS Makassar, Rabu (18/8/2019).

Potensi tersebut tegas mantan menteri kelautan dan perikanan itu harus dikelola dengan sains teknologi serta ramah lingkungan dan sosial sehingga bisa menjawab persoalan kemiskinan, pengangguran dan pertumbuhan ekonomi yang rendah.

“Ambil contoh dari budidaya udang vaname saja jika kita bisa membuat tambak baru setiap tahunnya selama lima tahun itu bisa menyumbang 2% pertumbuhan ekonomi, sementara dari sektor budidaya lain selain udang vaname ada komoditas lain yang memiliki nilai ekonomis tinggi seperti kerapu, ambalon, teripang, kepiting, mutiara dan lain-lain,” ungkapnya.

Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan DPP PDIP itu menambahkan untuk pertumbuhan ekonomi 7 persen, seharusnya Indonesia tidak perlu kesusahan jika potensi kemaritiman digarap secara maksimal berbasis sains dan teknologi serta ramah sosial dan lingkungan.

sumber berita : https://monitor.co.id/2019/09/19/pakar-pertumbuhan-ekonomi-7-persen-mudah-dicapai-dengan-potensi-sektor-kemaritiman/

About Dhona Indah Kiswari

Check Also

Submission Abstract For ICAI 2019

Dear Colleagues, We are pleased to inform you that the deadline of the abstract submissions …