Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / Indramayu jadi Kawasan Lele Digital Pertama di Indonesia

Indramayu jadi Kawasan Lele Digital Pertama di Indonesia

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengapresiasi inisiatif startup yang telah melakukan sebuah lompatan transformasi praktIk budidaya ikan berbasis digital melalui program kampung perikanan digital di Desa Krimun dan Puntang, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Dirjen Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto berharap ke depannya dapat terbentuk kampung-kampung digital baru dengan berbasis pada berbagai komoditas andalan daerah masing-masing. Dengan begitu pembudidaya benar-benar siap menghadapi revolusi industri 4.0 yang saat ini sedang hangat. Ia yakin, lewat program itu masyarakat pembudidaya bisa memanfaatkan aplikasi digital untuk meningkatkan efisiensi usahanya sehingga pendapatan mereka meningkat.

Dipilihnya Indramayu sebagai lokasi pertama percontohan budidaya lele berbasis teknologi digital bukannya tanpa alasan.

Edi Umaedi, Kepala Bidang Perikanan Budidaya mewakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Indramayu menyampaikan, Kabupaten Indramayu layak menjadi percontohan kampung perikanan digital karena memiliki lahan berupa kolam budidaya air tawar yang cukup luas yakni 560,87 hektar, di mana 58,68 persennya atau 329,15 hektar digunakan untuk budidaya ikan lele. Sentra budidaya ikan lele meliputi kecamatan Losarang, Kandanghaur, dan Sindang.

Tahun 2018 lalu, volume produksi ikan lele dari sentra-sentra budidaya tersebut mencapai 85.496,85 ton naik 79,15 persen dari tahun sebelumnya sebesar 67.671,84 ton.  Nilai produksinya pun meningkat dari Rp996.975.580.000 menjadi Rp1.336.963.249.000 atau naik 74,57 persen pada periode yang sama. (Humas DJPB/AFN)

Slamet mengingatkan bahwa massifnya pengembangan usaha budidaya ikan dengan menggunakan teknologi ini  jangan sampai melupakan prinsip keberlanjutan. Semangat budidaya ramah lingkungan harus terus dikedepankan.

 

 

Sumber : news.kkp.go.id

About Dhona Indah Kiswari

Check Also

Meningkatkan Warna pada Ikan Arwana

Ikan arwana menjadi salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati. Selain karena keindahan warna …