Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / Rumput Laut Sidoarjo

Rumput Laut Sidoarjo

Rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan perikanan yang ada di Provinsi Jawa Timur. Permintaan akan rumput laut sangatlah tinggi, ditandai dengan meningkatnya produksi rumput laut per tahunnya di Propinsi Jawa Timur. Produksi rumput laut pada tahun 2015 sebanyak 608.132,5 Ton sedangkan pada tahun 2016 produksi rumput laut mengalami peningkatan sebanyak 645.274,1 Ton.

Luas lahan rumput laut di Jawa Timur mencapai lebih dari 166 ribu hektare dari sebelumnya 158 ribu hektare. Permintaan pasar ekspor yang tinggi terhadap rumput laut juga memacu pelaku usaha di sentra produksi rumput laut. Lahan budidaya rumput laut tersebar di sejumlah daerah.

Salah satu kabupaten yang melakukan budidaya rumput laut adalah Kabupaten Sidoarjo. Jenis rumput laut yang dibudidayakan adalah Gracillaria sp.

Ketua Pokdakan Samudera Hijau 1, H.Mustofa mengatakan,  rumput laut jenis Gracilaria sp berhasil dikembangkan pembudidaya di lahan tambak seluas 800 hektar (ha).

Rumput laut yang dikembangkan di Dusun Tanjung sari, Desa Kupang, Kec.Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) saat ini selain produktivitasnya tinggi,  harganya  pun mulai naik. Sehingga pembudidaya yang tergabung di dalam Pokdakan Samudera Hijau 1 pun mulai meraup untung. Menurut Mustofa, rata-rata produktivitas rumput laut yang dikembangkan Pokdakan Samudera Hijau 1 sebanyak  15 ton/hektar.

Apabila dikalkulasi dengan harga Rp 7.000/ kg, dalam waktu 45 hari masyarakat dapat meraup keuntungan bersih hingga Rp13 juta (per siklus), atau sekitar  Rp 8,75 juta/bulan.

Dirinya juga mengatakan, budidaya rumput laut nyaris minim biaya produksi. Biaya produksinya paling hanya sekitar 20 persen saja untuk bibit dan tenaga kerja.

 

Sumber : Berbagai Sumber

About Dhona Indah Kiswari

Check Also

Anggaran pengembangan perikanan budi daya 2020 tembus Rp1 triliun

Raker Komisi IV DPR RI sudah menyetujui anggaran untuk budi daya ditambah Rp300 miliar… Dirjen …