Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / BUDIDAYA RAJUNGAN

BUDIDAYA RAJUNGAN

Komoditas perikanan  terbesar ke tiga yang memberikan nilai ekspor tertinggi bagi Indonesia adalah rajungan.

Rajungan sendiri cukup digemari oleh masyarakat karena mempunyai cita rasa yang tinggi dan kaya akan gizi. Permintaan pasar akan rajungan baik dari dalam negeri maupun luar juga meningkat.

Satu-satunya sumber untuk memenuhi pasar  hanya mengandalkan tangkapan dari alam. Dengan ditemukannya teknologi pembenihan Rajungan oleh BBPBAP Jepara, rajungan kini bisa dibudidayakan di tambak dan tidak tegantung oleh alam. Sehingga kedepannya diharapkan stok rajungan di alam akan tetap lestari. Pembudidayaan rajungan ini dapat dibudidayakan selama 3,5-4 bulan dan dapat dipanen dengan size 80-150 gr. Selain dibudidayakan , hasil budidaya di BBPBAP Jepara ini juga direstoking di alam. Diharapkan teknologi tersebut dapat dilakukan sharing kepada para pemasok rajungan di seluruh Indonesia.

Selain upaya peningkatan pembudidayaan Rajungan melalui teknologi, Untuk mendukung keberlanjutan dari budidaya Rajungan ini, perikanan rajungan perlu untuk dilakukan pengontrolan dan diawasi dalam pengelolaan dan pemanfaatannya. Salah satu organisasi perikanan Indonesia yang fokus akan perikanan rajungan yaitu APRI, telah melakukan berbagai kegiatan guna menunjang penerapan Control Document pada perikanan Rajungan. Salah satu kegiatan yang dilakukannya adalah sosialisai  dan pelatihan mengenai control document kepada tiap rantai pasok perikanan rajungan di berbagai daerah Indonesia.

Dengan adanya audit Control Document yang dilaksanakan oleh APRI tersebut diharapkan perikanan rajungan akan semakin meningkat khususnya pada kepatuhan terhadap regulasi yang ada, sehingga tercipta perikanan yang bertangggungjawab dan berkelanjutan.

 

 

Sumber : Berbagai Sumber

About Dhona Indah Kiswari

Check Also

Benih Bisa Gratis Diberikan ke Pengusaha, Jika . . .

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan bahwa Benih bisa saja diberikan secara gratis kepada …