Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / Sayang Bisnis Juga Harus Imbangi Sayang Alam

Sayang Bisnis Juga Harus Imbangi Sayang Alam

Tidak dapat dipungkiri, perikanan budidaya dalam berbagai komoditi memang sedang naik daun. Banyak pelaku budidaya dari “newbie” hingga yang sudah mahir  melakukan ekspansi bisnis budidayanya untuk meraup untung yang bisa dibilang menjanjikan.

Lalu…Apa kabar dengan lingkungannya? Limbah hasil budidaya mencemari sekitar atau tidak? Jika iya, sudahkah “sekalian” terfikirkan solusinya?

Mengutip dari tulisan Luh De Suriyani (Denpasar 24 August 2018) di situs Mongabay, begini contoh melakukan budidaya KJA dan cara agar lingkungan tetap sustainable.

Sejumlah rekomendasi peneliti diketuai Prof I Wayan Arthana menyebutkan untuk budidaya yang lebih aman, kedalaman jaring keramba jaring apung (KJA) sebaiknya dibuat lebih pendek dari 5 meter yaitu 3,5 meter untuk menghindarkan ikan kekurangan oksigen. Selain itu dilengkapi jaring halus bagian bawahnya untuk menampung sisa pakan, feses ikan maupun ikan mati sehingga bisa meminimalisir tambahan materi organik pada dasar perairan danau.

Selanjutnya untuk mengurangi polutan, pada masing-masing unit KJA dirancang dengan tanaman menggunakan sistem akuaponik. Tanaman yang ditumbuhkan bisa berupa jenis sayuran ataupun tanaman air lainnya yang berbunga. Tanaman diharapkan memanfaatkan nitrat sebagai nutrien, sehingga keadaan tanpa oksigen bisa diperkecil dan pertumbuhan ikan lebih maksimal

Setiap pemilik KJA diharap melakukan pengukuran rutin suhu permukaan air di KJA terutama pada bulan Februari, Juni, Juli, dan Agustus. Untuk mendapatkan peringatan dini kemungkinan terjadinya pembalikan masa air danau (overturn) terutama ketika suhu permukaan danau sudah mendekati suhu 23 derajat celcius.

Selain itu perlu pengaturan jadwal penebaran ikan antar kelompok untuk menghindari panen bersama dan kebutuhan benih dalam jumlah banyak dan waktu yang bersamaan.

 

 

” Alam telah berbaik hati memberikan hasilnya secara cuma-cuma, jika tidak bisa memberinya upah, setidaknya jagalah dia” (d.i.k )

 

 

Sumber : www.mongabay.co.id

 

About Dhona Indah Kiswari

Check Also

Meningkatkan Warna pada Ikan Arwana

Ikan arwana menjadi salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati. Selain karena keindahan warna …