Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / AGUSRI SYARIEF, USAHA HARUS HALAL, JUJUR, DAN BERKAH!  

AGUSRI SYARIEF, USAHA HARUS HALAL, JUJUR, DAN BERKAH!  

 

Wirausahanya di sektor perikanan tidak mempertimbangkan apakah sektor tersebut yang paling prospektif dan menjanjikan keuntungan berlipat. Justru, yang ia pertimbangkan adalah nasihat ibunya untuk tidak berdusta atau menipu orang. Karena hasilnya untuk dimakan bersama keluarga, sehingga semua harus halal.

Di kalangan industri pertambakan udang, siapa yang tidak kenal Haji Agusri Syarif? Dia pemilik PT Anesta Agung sekaligus Ketua Ikatan Petambak Pantai Barat Sumatera (IPPBS) dan Penasehat Masyarakat Akuakltur Indonesia (MAI). Bapak berusia 70 tahun ini memulai usaha di bidang peternakan ayam petelur,  meliputi distributor pakan unggas, dan ekspedisi. Kemudian pada tahun 1987, ia merambah budidaya udang.

Tidak ada kata pensiun dalam kamus hidupnya. Semangat membangun sektor perikanan Indonesia, khususnya udang selalu berkobar. Sehari dalam sepekan Agusri tetap menyempatkan diri mengecek tambak udangnya di Kabupaten Pesawaran dan kandang ayamnya di Kabupaten Lampung Selatan.

Wirausahanya di sektor perikanan tidak mempertimbangkan apakah sektor tersebut yang paling prospektif dan menjanjikan keuntungan berlipat. Justru, yang ia pertimbangkan adalah nasihat ibunya untuk tidak berdusta atau menipu orang. Karena hasilnya untuk dimakan bersama keluarga, sehingga semua harus halal. Usaha harus halal, jujur, dan harapannya menjadi berkah.

Ketika memulai usaha dulu, ia melirik usaha peternakan ayam. Jika ayam sudah waktunya dijual, ayam ditimbang dalam kondisi hidup dan dapat diketahui persis bobot dan jumlahnya. Hal ini menghindari penipuan yang merugikan konsumen. Jadi, sampai sekarang Agusri selalu memegang erat nasihat orangtuanya itu. Kini, PT Anesta Agung yang berdiri pada tanggal 4 Januari 1994 dan berlokasi di  JL Soekarno Hatta No. 111 Kota Bandar Lampung sudah memiliki kantor cabang di Tangerang, Banten.

……

Baca lebih lanjut di Majalah MAInfo Edisi 3 (Januari-April 2018)

About Dasairy Zulfa

Check Also

King of Ocean, Ikan Napoleon yang Berharga Jutaan Rupiah

Ikan Napoleon merupakan ikan karang yang berukuran besar anggota dari family Labridae. Ikan mempunyai nama …