Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / Sembilan Isu Strategis Masyarakat Akuakultur Indonesia 2018

Sembilan Isu Strategis Masyarakat Akuakultur Indonesia 2018

Oleh: Agung Sudaryono, Sekjen MAI

Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) didirikan oleh berbagai stakeholder akuakultur nasional (akademisi, peneliti, praktisi, dan birokrat) berperan penting sebagai pendorong untuk mewujudkan pembangunan akuakultur nasional yang maju dan berkelanjutan, sekaligus sebagai wadah pemersatu dalam meningkatkan komunikasi, kompetensi, dan dedikasi antar stakeholder akuakultur nasional.

Sektor perikanan budidaya (akuakultur) sangat berpotensi menjadi penyelamat sektor ekonomi kelautan dan perikanan karena akuakultur  merupakan lumbung pangan protein. Indonesia, sebagai negara maritim dan kepulauan terbesar di dunia memiliki sekitar 24 juta hektar wilayah perairan laut dangkal yang sesuai untuk usaha budidaya laut, 3 juta hektar lahan pesisir untuk usaha budidaya tambak, dan masih ada ekosistem perairan tawar untuk budidaya di darat.

Dalam rangka mewujudkan pembangunan akuakultur Indonesia yang terintegrasi, maju, efisien, berdaya saing tinggi dan berkelanjutan ada 3 cara yang harus ditempuh yaitu melalui (1) Revitalisasi semua sumberdaya yang ada agar efisien lebih produktif; (2) Extensifikasi (perluasan dan pengembangan) wilayah baru sebagai sentra produksi usaha yang merata di seluruh wilayah; dan (3) Menciptakan dan mengembangkan usaha-usaha produksi komoditas baru dan diversifikasi produk.  Organisasi MAI memiliki peran sentral di mana para akademisi, peneliti, praktisi, birokrat, dan asosiasi berkumpul menjadi penengah agar peraturan pemerintah dan rakyat di lapangan bisa saling mendukung dan bekerjasama satu sama lain, sehingga bisa mensejahterakan masyarakat. Guna menjawab tantangan dan menyamakan persepsi serta harapan, maka MAI pada tanggal 19 Desember lalu di Bandung (Aquatec) mengadakan Temu Stakeholder Akuakultur Nasional dengan topik: “Evaluasi Pencapaian Produksi dan Progress Teknologi Akuakultur Indonesia 2017: Problem, solving, & Outlook 2018”. Tujuan pertemuan dan diskusi ini adalah mendorong percepatan pengembangan industri akuakultur terkini dan memperkuat sinergitas antar stakeholder akuakultur.

Pertama,

……….

Baca lebih lanjut di Majalah MAInfo Edisi 3 Januari-April 2018

 

About Dasairy Zulfa

Check Also

Lowongan Kerja Direktur Konsultan Bisnis dan Teknologi Akuakultur MAI

Organisasi profesi independent nasional Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) membutuhkan 1 (satu) orang tenaga profesional yang berkompeten untuk …