Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / MENGENAL LEBIH JAUH IKAN MANFISH

MENGENAL LEBIH JAUH IKAN MANFISH

Berlokasi di Kabupaten Lampung Selatan, terdapat pusat usaha budidaya ikan hias, yaitu Kecamatan Natar. Arwana, botia, oscar, cupang, manfish, tetra, blackgost, koki, koi, dan lobster air tawar merupakan jenis ikan air tawar yang dibudidayakan. Pembeli ikan hias di Kabupaten Natar berasal dari dalam dan luar provinsi.

Ikan Manfish  adalah ikan hias air tawar yang memiliki tubuh  lebar dan tipis. Sebagian orang menyebut ikan ini dengan Angelfish atau ikan malaikat. Tidak heran, warna-warna ikan manfish memang menarik dan berwarna-warni. Ditambah, gerakannya yang begitu tenang membuat ikan ini dicintai berbagai kalangan untuk menghilangkan stress.

Tergolong ke dalam family Cichlidea, ikan malaikat ini dapat hidup di perairan air tawar (pH 6 – 8) dengan arus yang tenang serta punya banyak tanaman air. Suhu air ideal untuknya berkisar 24 – 30 oC. Panjang ukuran ikan Manfish rata-rata  7,5 cm.

Keistimewaan ikan manfish adalah  ia mampu membuat perlindungan terhadap keturunannya. Ikan ini tidak memakan burayak atau anakannya yang baru menetas.  Pakannya pun cukup mudah didapatkan, seperti cacing beku, jentik nyamuk, cacing kering, dan pelet. Ikan manfish termasuk omnivora.

Meskipun habitat asli ikan manfish ini ada di perairan Amazon, Brazil, Columbia, dan Peru, ikan ini sudah banyak dibudidayakan pula di Indonesia. Usaha pengembangan budidaya ikan ini telah dilakukan melalui Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Selain itu, banyak masyarakat Indonesia yang sudah sukses membudidayakan ikan manfish ini. Salah satunya ada di Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Berbagai macam warna ikan manfish tersedia. Di antaranya warna putih, hitam, belang-belang ada pula ikan manfish yang warnanya kekuning-kuningan. . Bagi kamu penikmat ikan hias, pasti ikan ini menambah daya tarik tersendiri.

Beberapa jenis ikan manfish….

Bisa membaca lebih lanjut di MAInfo Edisi 3 Januari-April 2018

About admin

Check Also

Leader MAI KORDA Provinsi/Kabupaten/Kotamadya Open Volunteer

Assalamualaikum. Para mitra MAI/ sahabat MN WAG yth dan dirahmati Allah, kami dengan senang hati …