Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / KALIREJO, KAWASAN MINAPOLITAN GURAME

KALIREJO, KAWASAN MINAPOLITAN GURAME

 

 

 

 

 

 

 

Perjalanan menuju lokasi Kecamatan Kalirejo dari Ibukota Provinsi Lampung di Bandar Lampung sekitar 78 km dengan waktu tempuh berkisar antara 1,5 jam – 2 jam. Kalirejo merupakan bagian wilayah administrasi Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung. Wilayah administrasi Kecamatan Kalirejo sejak akhir tahun 2010 atau  awal tahun 2011 terdiri dari 17 (enam belas) desa/kampung.

Kabupaten Lampung Tengah giat mengembangkan budidaya perikanan. Terlihat dari produksi ikan air tawar pada tahun 2017 sebanyak 30.858,10 ton dengan luas areal kolam 1.836,68 Ha. Produksi ikan air tawar ini tentunya melibatkan warga sekitar, bahkan mencapai 8.119 Kepala Keluarga.

Hal menarik di Kabupaten Lampung Tengah adalah terdapat tiga kawasan minapolitan dengan tiga komoditas unggulan. Kawasan minapolitan patin dengan produksi sebesar 9.783 ton di daerah sentral Kecamatan Kotagajah, kawasan minapolitan pesisir di Kecamatan Bandar Surabaya, dan kawasan minapolitan gurame berada di Kecamatan Kalirejo dengan produksi sebesar 7.488 ton.

Bupati Lampung Tengah, Mustafa  dalam panen raya ikan gurame pada akhir tahun 2017 lalu di Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah menyatakan untuk mengoptimalkan potensi ikan air tawar. Ia berjanji akan terus melakukan pembinaan terhadap para pembudidaya. Selain itu, timnya akan memberikan bantuan yang dapat menunjang pertumbuhan budidaya ikan tawar, misalnya bantuan benih gurame, terpal, dan mesin sedot air.

Mustafa memiliki proyeksi bahwa ke depan Lampung Tengah bisa menjadi sentra budidaya ikan air tawar di Lampung. Pasalnya, Lampung Tengah memiliki potensi budidaya air tawar dan sumber daya manusia yang mumpuni. Harapannya, perekonomian masyarakat khususnya para pembudidaya di Lampung Tengah bangkit. Ia pun optimis hal ini dapat terwujud.

Produksi ikan gurame konsumsi mencapai 36 ton/tahun di Kecamatan Kalirejo. Sementara itu, untuk produksi benih sekitar 60.503.500 ekor/tahun. Hasil ini tidak lepas dari usaha 33 Pokdakan atau kelompok pembudidayaan ikan yang memiliki 632 anggota dengan luas kolam 96,6 ha.

………….

Baca lebih lanjut di MAInfo Edisi 3 (Januari-April 2018)

About Dasairy Zulfa

Check Also

Gerpari Dongkrak Pendapatan Pembudidaya

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto Slamet menyampaikan dalam Seminar Outlook Perikanan 2018 di Hotel …