Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Lain-lain / KAKAP MERAH STRAIN TAIWAN, HARAPAN BARU MASYARAKAT LAMPUNG

KAKAP MERAH STRAIN TAIWAN, HARAPAN BARU MASYARAKAT LAMPUNG

Sumber foto: DJPB KKP

UPT Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung telah sukses mengembangkan jenis Kakap Merah, yaitu Kakap Merah strain Taiwan (Lutjanus Malabaricus).  Ini adalah terobosan baru yang menggembirakan banyak pihak. Pasalnya, masyarakat juga bergairah memproduksi benih ikan ini melalui usaha kecil menengah seperti pembenihan skala rumah tangga.

Lahirnya Kakap Merah strain Taiwan ini tak lepas dari usaha perekayasa di BBPBL Lampung yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Desa Hanura, Padangcermin, Pesawaran, Lampung. Supriya, Prekayasa BBPBL Lampung menyampaikan dalam laporan tertulisnya bahwa ikan kakap merah strain Taiwan mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan kakap jenis lainnya. Pertumbuhan kakap merah strain Taiwan relatif cepat, mudah beradaptasi ditandai dengan toleransi tinggi  terhadap lingkungan (salinitas, suhu dan kekeruhan), tahan terhadap penyakit, mudah diberi pakan buatan, dan tingkat kanibalismenya rendah.

Teknik pemeliharaan larva kakap merah ini rupanya mengadopsi teknologi yang digunakan dalam pemeliharaan larva kakap putih dan kerapu.  Pengamatan yang dilakukan pada fase pendederan  umur 35 hari sampai umur 60 hari pemeliharaan menunjukkan bahwa pertumbuhan ikan ini sangat cepat dibandingkan dengan ikan kakap putih dan kakap merah jenis lain. Supriya menambahkan, jika ikan kakap merah strain Taiwan ini mampu mencapai berat hingga 7 gr, maka dalam umur yang sama jenis kakap lain hanya mengalami pertambahan berat sekitar 3-4 gr.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto menuturkan dalam upaya mempercepat optimalisasi potensi budidaya laut, KKP terus mengembangkan jenis komoditas budidaya laut yang berbasis kebutuhan permintaan pasar. Adapun ikan kakap menjadi prioritas untuk dikembangkan.

…….

Lebih lanjut lihat di Majalah MAInfo Edisi 3 (Januari-April 2018)

About Dasairy Zulfa

Check Also

Leader MAI KORDA Provinsi/Kabupaten/Kotamadya Open Volunteer

Assalamualaikum. Para mitra MAI/ sahabat MN WAG yth dan dirahmati Allah, kami dengan senang hati …