Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Ilmiah Populer / Mampukah Protein Sel Tunggal (PST) menggantikan peran Tepung Ikan dalam Aquafeed?

Mampukah Protein Sel Tunggal (PST) menggantikan peran Tepung Ikan dalam Aquafeed?

Protein Sel Tunggal atau yang lebih sering disebut dengan PST merupakan bahan makanan berkadar protein tinggi yang berasal dari mikroba. Pemanfaatan mikroorganisme sebagai sumber makanan berprotein tinggi sebenarnya sudah dimulai sejak Perang Dunia 1 di Jerman, yang saat itu memproduksi khamir torula sebagai salah satu sumber bahan makanan berprotein tinggi.  Baru-baru ini, beberapa peneliti dari perusahaan bioteknologi KnipBio, Inc – the New England Aquarium, Universitas Massachusetts, Universitas Roger Williams, dan USDA Agricultural Research Service melakukan kolaborasi riset terkait pemanfaatan PST sebagai bahan substitusi tepung ikan pada aquafeed dengan judul “Sebuah pendekatan Transdisipliner terhadap validasi awal dari protein sel tunggal sebagai sumber protein alternatif pada Aquafeed”

Menurut hasil studi tersebut yang kemudian diterbitkan oleh PEERJ, Produksi PST skala besar dipercaya mampu mengurangi penggunaan tepung ikan hasil tangkapan dan tanaman pertanian sebagai bahan protein utama pada aquafeed.

Image result for protein sel tunggal adalah  Related image

Penelitian ini dirancang untuk menguji apakah diet yanng mengandung pellet bakteri Methylobacterium extorquens dengan kandungan 30% dan 100%  dapat menjadi makanan yang sesuai bagi ikan dan udang. M. extorquens  adalah bakteri simbion umum yang tumbuh dengan mengubah metanol dalam tangki fermentasi menjadi sebuah produk yang selanjutnya disebut dengan KnipBio Meal yang memiliki kandungan protein, asam amino dan biomolekul lain yang serupa dengan kandungan  tepung ikan.

Menurut Larry Feinberg, CEO KnipBio: “Kami melakukan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penting: ‘Mungkinkah membuat kembali pakan ikan tanpa menggunakan bahan-bahan yang tidak berkelanjutan?” Hasil penelitian menunjukkan bahwa diet yang terdiri dari protein sel tunggal dapat berfungsi sebagai alternatif bahan pakan akuakultur berkualitas tinggi. Selain itu, didapatkan hasil bahwa optimalisasi genetik protein sel tunggal ternyata memberikan efek samping yang lebih baik.

Pada studi ini, dilakukan uji keefektifan Tepung KnipBio sebagai bakan pakan untuk tiga spesies akuakultur penting yaitu udang putih, salmon atlantik dan smallmouth grunts. Hasil menunjukkan bahwa ketiga sepesies tersebut mengalami pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup yang sama bahkan lebih baik saat diberikan pakan yang mengandung KnipBio dibandingkan ikan yang diberi pakan komersial biasa. Pada tes rasa, panelis juga menilai bahwa udang yang diberikan pakan KnipBio secara statistik memiliki rasa yang sama dengan udang kontrol.

Setegah dari jumlah ikan keseluruhan yang dikonsumsi manusia di dunia berasal dari budidaya, dan dalam proses budidaya membutuhkan bahan pakan berprotein tinggi. Pakan akuakultur mengandung setidaknya 30% tepung ikan, untuk menekan biaya dan mengurangi eksploitasi penangkapan ikan sebagai bahan pakan, pembudidaya menggunakan tanaman kaya protein seperti kedelai sebagai bahan penyubstitusi. Namun sayangnya, penggunaan diet kaya kedelai dalam jangka panjang dapat menyebabkan peradangan usus pada banyak spesies budidaya, yang mengakibatkan pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup menjadi lebih rendah. Pada penelitian ini, penggunaan KnipBio tidak menunjukkan efek samping ini.

“Selain membuat ikan menjadi lebih sehat, terdapat manfaat lain dari penggunaan tepung KnipBio sebagai pengganti protein pada aquafeed. Diperkirakan KnipBio sebesar 100-acre setara dengan produksi protein dari tanaman kedelai seluas 10.000 hektar, secara luas penggunaan KnipBio dapat mengurangi penggunaan lahan untuk produksi. Lain halnya dengan tanaman kedelai, pada proses pembuatan KnipBio juga tidak menggunakan pupuk dan pestisida sehinggga mengurangi penggunaan energi dan dapat menjaga kelestarian lingkungan” Feinberg menambahkan.

Sumber:

https://thefishsite.com/nutrition

About Wikke Elta

Check Also

Prebiotik, Probiotik, dan Imunostimulan pada Pakan Budidaya: Pertimbangan Kualitas Udang

Oleh George Baker Ahli sains dan teknologi makanan laut Florida dalam program penyuluhan Institut Teknologi …