Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Info Kegiatan / UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR MEROKET

UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR MEROKET

Potensi perikanan dan kelautan Indonesia yang amat besar tidak perlu lagi diperdebatkan. Dengan luas wilayah laut sebesar 70% dengan keragaman hayati terbesar didunia Indonesia selayaknya menjadi pemimpin dunia di bidang kelautan. Menurut Presiden Joko Widodo, Potensi ekonomi sektor kelautan Indonesia adalah 1.2 triliun dolar AS per tahun dan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja 40 juta orang. Sayangnya, saat ini kontribusi dibidang kelautan terhadap PDB nasional masih di bawah 30%.  Karena itu, Jokowi menegaskan bahwa pembangunan sektor kelautan Indonesia harus dipercepat agar sektor ini dapat menjadi penggerak ekonomi bangsa.

Era globalisasi dan perubahan iklim dewasa ini menjadi tantangan besar bagi Indonesia dan negara-negara lain di dunia yang saling terhubung dan tergantung. Indonesia harus mampu bersaing dengan negara-negara lain dalam ekonomi berbasis pengetahuan (knowlwdge-based economy) di tengah ancaman perubahan iklim. Karena meskipun potensi besar apabila tidak dikelola dengan baik dan tidak berbasis pengetahuan maka kita selalu menjadi terbelakang yang hanya mampu menjual bahan baku ke manca negara dengan harga murah.

 

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Universitas Hasanuddin Makassar mengadakan event akbar “Simposium Nasional dan Internasional Kelautan dan Perikanan IV” untuk menjawab tantangan global yang sedang dihadapi saat ini.

Tema yang diambil yaitu :

Percepatan Pembangunan Ekonomi Kelautan Berkelanjutan di Era Persaingan Global dan Perubahan Iklim

Tujuan Simposium ini adalah untuk saling bertukar informasi, pengetahuan, pengalaman, diskusi, dan koordinasi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang kelautan dan perikanan antar para pakar/peneliti dalam dan luar negeri,  perguruan tinggi, lembaga penelitian, praktisi, pemerhati, dan pengambil kebijakan demi meningkatkan potensi, pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan dan kelautan secara berkelanjutan untuk mempercepat pembangunan perekonomian bangsa.

Harapannya  pertemuan antar berbagai kalangan dalam acara simposium ini bukan hanya menghasilkan konsep-konsep pemikiran baru, tapi juga dapat membangun dan semakin memperkuat kerjasama berbagai pihak dalam memajukan Indonesia sebagai negara maritim, demi terwujudnya bangsa Indonesia yang berdaulat, sejahtera, adil, dan disegani dunia.

 

Informasi lebih lanjut

Kontak :

Supriadi Mashoreng ( 081342514604 )

Nita Rukminasari ( 081343647417 )

Asmi Citra Malina ( 0811412480 )

Email : simnaskpunhas@gmail.com

Website : www.simnaskpunhas.com

Facebook : Simnaskpunhas

About Mirza Muntaha

Check Also

Workshop Marikultur Nasional : “Membangun Industri Barramundi Nasional”

Jakarta. Workshop Barramundi Nasional telah sukses dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2016 lalu di Fave …