Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Publikasi / DAFTAR JURNAL NASIONAL BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN

DAFTAR JURNAL NASIONAL BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN


Masyarakat Akuakultur Indonesia sudah meningkatkan jurnal nasional AQUACULTURA INDONESIANA menjadi jurnal internasional, saat ini jurnal AQUACULTURA INDONESIANA (AI)berstatus terindex DOAJ dan sedang menuju terindex scopus, maka kami mengundang para stakeholder MAI untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal AI. Berikut kami informasikan daftar jurnal nasional bidang kelautan dan perikanan.
Dalam bidang kajian ilmiah, temuan dan paparan dari hasil penelitian perlu dipublikasikan. Namun menulis jurnal biasanya dituntut untuk sistematis, dan setiap penerbit jurnal biasanya memiliki prosedur tertentu yang harus diikuti sebelum jurnal dapat disubmit.
Sebenarnya menulis jurnal dapat mengembangkan pemikiran yang kreatif dan sistematis. Menulis jurnal juga dapat mengembangkan jejaring dan keterkaitan dengan para pakar pada bidang sejawat. Dimulai dari manyadur hasil penelitian lain yang terkait sebagai referensi dalam penulisan jurnal. Selanjutnya terhubung dengan reviewer yang akan mereview draft jurnal. Biasanya pihak pengelola jurnal akan menunjuk pakar yang memiliki kapabilitas yang sesuai dengan bidang kajian. Setelah diterbitkan, jurnal akan dibaca oleh banyak pihak lain yang memiliki bidang minat kajian yang sama. Pada akhirnya, proses tersebut menuntut penulis untuk menghindari plagiarism dan jujur terhadap hasil penelitiannya.
Adapun jurnal yang terkait dengan topik kajian kelautan dan perikanan tidak sebanyak jurnal di bidang kajian lainnya, seperti hukum, ekonomi, kependidikan, pertanian dan lainnya. Untuk itu di sini kita akan memberikan informasi sejumlah jurnal yang terkait dengan bidang kelautan dan perikanan, baik jurnal nasional yang memiliki akreditasi nasional oleh DIKTI (sekarang RISTEKDIKTI) atau pun jurnal nasional tidak terakreditasi.
JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI RISTEKDIKTI

1. Jurnal Iktiologi Indonesia
ISSN 1693-0339 link: http://www.iktiologi-indonesia.org/
Jurnal Iktiologi Indonesia (JII) adalah jurnal ilmiah biannual yang diterbitkan oleh Masyarakat Iktiologi Indonesia (MII) pada bulan Juni dan Desember. JII menyajikan makalah yang berkenaan dengan segala aspek kehidupan ikan (Pisces) di perairan tawar, payau, dan laut. Aspek yang dicakup antara lain biologi, fisiologi, dan ekologi, serta terapannya dalam bidang penangkapan, akuakultur, pengelolaan perikanan, dan konservasi.
Jurnal Iktiologi Indonesia (JII) ditetapkan sebagai Berkala Ilmiah Terakreditasi Nasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 040/P/2014 tanggal 14 Februari 2014. Hasil Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Periode II Tahun 2013 ini terhitung dari November 2013 sampai November 2018.

2. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis
ISSN 2087-9423 link: http://itk.fpik.ipb.ac.id/index.php
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis terbit semenjak Juni 2009, terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun, edisi Juni dan Desember. Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah di bidang ilmu dan teknologi kelautan tropis dan diterbitkan oleh Departemen ITK-IPB dan ISOI. Jurnal JITKT terakreditasi secara nasional oleh DIKTI berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia No.: 212/P/2014 tanggal 3 Juli 2014 (berlaku 5 tahun) dan LIPI berdasarkan Surat Keputusan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), No.: 742/2/2012 tanggal 7 Agustus 2012.

3. Ilmu Kelautan
ISSN 0853-7291 link: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/ijms
Jurnal Ilmu Kelautan diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP dan Himpunan Ahli Pengelolaan Pesisir Indonesia. Jurnal ini menampung kajian bidang: coastal management, marine biology, marine conservation, marine culture, marine geology dan oseanografi. Terakreditasi DIKTI berdasarkan Keputusan Menteri RISTEK-DIKTI No.: 12/M/Kp/II/2015 selama 5 tahun sejak 11 Februari 2015 sampai 11 Februari 2020

4. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia
ISSN 0854-9230 link http://journal.ipb.ac.id/index.php/jphpi/
Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia diterbitkan oleh Masyarakat Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, awalnya bernama Buletin Teknologi Hasil Perikanan (THP). Terakreditasi DIKTI berdasarkan Keputusan Menteri RISTEK-DIKTI No.: 12/M/Kp/II/2015 selama 5 tahun sejak 11 Februari 2015 sampai 11 Februari 2020. Jurnal ini menerima tulisan dan kajian yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan, biokimia hasil perikanan, bioteknologi perikanan.
UPDATE 2016

5. MARINE FISHERIES: Jurnal Teknologi dan Manajemen Perikanan Laut
eISSN/pISSN: -/2087-4235 link http://web.ipb.ac.id/…/inde…/id/bulletin-and-journal/journal
jurnal ini merupakan terbitan berkala dari Forum Komunikasi Kemitraan Perikanan Tangkap – Dep. Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (PSP-FPIK IPB). Terakreditasi dengan kategori B, sesuai SK: DirJen PRP Kemenristekdikti No. 1/E/KPT/2015 Tanggal 21-Sep-2015. Akreditasi ini berlaku hingga 21 September 2019.

6. OmniAkuatika
ISSN: 1858-3873 (print) / 2476-9347 (online) link: http://omniakuatika.net/
Jurnal ini merupakan terbitan berkala dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). Terakreditasi RISTEKDIKTI dengan no. 36a/E/KPT/2016. Berlaku selama 5 tahun hingga 2021.

7. Jurnal Akuakultur Indonesia
ISSN: p-ISSN 1412-5269 / e-ISSN 2354-6700 link: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jai
Jurnal ini merupakan terbitan berkala dari ISSA (Indonesian Society for Scientific Aquaculture). Terakreditasi RISTEKDIKTI dengan SK no.36a/E/KPT/2016 tentang Hasil Akreditasi Berkala Ilmiah CETAK Periode 1 Tahun 2016. Berlaku selama 5 tahun hingga 2021.
JURNAL NASIONAL AKREDITASI LIPI
Jurnal atau terbitan berkala yang masuk dalam kategori ini memiliki perbedaan penilaian antara DIKTI dan LIPI. Bagi sejumlah instansi yang bergerak di bidang riset dan pengembangan teknologi, jurnal atau terbitan berkala yang terakreditasi LIPI memiliki poin penilaian yang lebih dibandingkan Jurnal nasional tidak terakreditasi. Sedangkan untuk lembaga pendidikan tinggi yang bernaung di bawah RISTEKDIKTI, Jurnal dengan kategori ini disetarakan dengan jurnal nasional tidak terakreditasi.

1. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia
p-ISSN 0853-5884; e-ISSN 2502-654 2link http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/jppi
Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan. Jurnal ini terakreditasi LIPI dengan nomor Akreditasi: 653/AU3/P2MI-LIPI/07/2015 terhitung Periode Agustus 2015-Agustus 2018. Terbit pertama kali tahun 1994. Pada Tahun 2008, frekuensi penerbitan menjadi empat kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.

2. Jurnal Kelautan Nasional
ISSN 1907-767X link http://www.p3tkp.litbang.kkp.go.id/…/publik…/jurnal-kelautan
Jurnal Kelutan Nasional publikasi ilmiah di bidang teknologi kelautann dan perikanan. Diterbitkan oleh Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jurnal ini memiliki akreditasi LIPI tertanggal 07 Agustus 2012.
JURNAL NASIONAL TIDAK TERAKREDITASI

1. DEPIK
ISSN 2089-7790 link http://jurnal.unsyiah.ac.id/depik
Jurnal Depik adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH). Jurnal ini telah terindex DOAJ, sehingga dapat digunakan sebagai angka kredit dosen dengan nilai maksimal 15, sesuai dengan PAK DIKTI.
Jurnal ini melingkupi bidang ilmu-ilmu perairan, pesisir dan perikanan, termasuk: Ekologi perairan (tawar, payau dan laut), Biologi laut dan oseanografi, Kimia perairan (tawar, payau dan laut), Bio-ekologi biota dan tumbuhan perairan, Pemodelan laut, Meteorologi, Hidrologi, Dan lain-lain bidang kajian berkaitan dengan perairan dalam arti luas.

2. Jurnal Perikanan Dan kelautan
ISSN 0853-7607 link http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPK/index
Jurnal Perikanan dan Kelautan memuat kajian-kajian dan hasil penelitian bidang ilmu perikanan dan ilmu kelautan. Diterbitkan oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau.
3. Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis
ISSN 2302-6081 link http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JPKT
Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis merupakan terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi Manado, bekerja sama dengan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI). Jurnal ini diterbitkan 3 kali setahun, sejak tahun 2005.

4. Jurnal Ilmu Perikanan Tropis
ISSN 1412-2006 link https://fpik.unmul.ac.id/jurnal-tfs/
Terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, review artikel, laporan khusus, resensi buku dan kajian kritis di bidang perikanan dan kelautan. Diterbitkan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman.

5. Jurnal Ilmiah Perikanan & Kelautan
ISSN 2085-5842 link http://journal.unair.ac.id/jurnal-ilmiah-perikanan-&-kelaut…
Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan diterbitkan dua kali per tahun oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair yang memuat hasil penelitian dan komunikasi singkat
dalam bidang ilmu perikanan dan kelautan (Akuakultur, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan/Pascapanen, Teknologi Penangkapan Ikan, Ilmu Kelautan, Oceanografi, Agribisnis dan Penyuluhan Perikanan).

6. Jurnal Ilmiah Perikanan & Kelautan
ISSN 2085-5842 link http://journal.unair.ac.id/jurnal-ilmiah-perikanan-&-kelaut…
Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan diterbitkan dua kali per tahun oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair yang memuat hasil penelitian dan komunikasi singkat
dalam bidang ilmu perikanan dan kelautan (Akuakultur, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan/Pascapanen, Teknologi Penangkapan Ikan, Ilmu Kelautan, Oceanografi, Agribisnis dan Penyuluhan Perikanan).

7. Jurnal Penelitian Perikanan
ISSN 2337-621X link http://jpp.ub.ac.id/index.php/jpp
Jurnal Penelitian Perikanan diterbitkan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (UB) untuk penyebarluasan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari dalam dan luar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Jurnal Penelitian Perikanan FPIK UB terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember), memuat tulisan hasil penelitian yang termasuk dalam lingkup disiplin ilmu pengetahuan yang terkait dengan Ilmu-ilmu Perikanan dan Kelautan guna menunjang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan nasional.
Sekian untuk sementara. Jika ada list tambahan, silahkan beri masukan.

About Abdul Mufid