Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Info Liputan / KKP siapkan IndoGAP untuk Sertifikasi Ikan Budidaya

KKP siapkan IndoGAP untuk Sertifikasi Ikan Budidaya

Hasil gambar untuk indogap kkp

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan lembaga internasional independen, LSPRO, untuk membuat satu lembaga sertifikasi jaminan mutu produk perikanan budidaya. Lembaga independen yang akan didirikan tersebut bernama IndoGAP (Indonesian Good Aquaculture Practices). Tugasnya melakukan sertifikasi cara budidaya ikan yang baik dan cara pembenihan ikan yang baik.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto mengungkapkan, dengan hadirnya IndoGAP maka ada pengendalian terhadap sistem produksi, serta mendokumentasikan dan menjaga catatan data atau informasi penting dari setiap tahap pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Sertifikasi ini juga menjadi ‘jalan tol’ untuk melakukan ekspor ke luar negeri.

“IndoGAP adalah satu lembaga sertifikasi di bidang budidaya. Sertifikasi pembenihan, produksi dan cara pembuatan pakan ikan yang baik. Jadi indoGAP ini satu, tapi punya auditor-auditor khusus di masing-masing sektor. Termasuk peralatan-peralatan dan obat ikannya juga akan disertifikasi,” kata Slamet dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (29/12/2016).

“Jadi semua pelaku usaha yang mau ekspor, mereka tidak perlu uji lab ke negara tujuan ekspor lagi karena sudah ada jaminannya dari lembaga sertifikasi. Di samping itu, pemerintah juga sudah melakukan pengujian residu di masyarakat,” jelasnya.

Slamet berujar, nantinya lembaga sertifikasi tersebut akan diawasi juga oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang ada di tiap provinsi. Saat ini sedang disiapkan pembentukan perangkat kelembagaannya merupakan penggabungan dua sistem sertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik) dan CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik) yang selama ini dilakukan KKP.

Diharapkan, pada medio 2017 mendatang, lembaga sertifikasi ini akan terbentuk dan langsung bisa diterapkan ke pelaku-pelaku usaha budidaya dalam negeri.

“Sekarang kita sedang menyusun dokumen pengalihan sertifikasi yang dilakukan CPBI dan CBBI ke Indogap. Termasuk sekarang hampir setiap hari BSN lakukan koordinasi untuk dilakukan ini. Nanti Indogap ini akan lebih mantap kira-kira bulan Juni 2017 karena ada banyak tahapan-tahapan,” pungkasnya. (mca/mca)

 

SUMBER : DetikFinance

About Wikke Elta

Check Also

TILAPIA LAKE VIRUS (TILV): what to know and do?

Tilapia Lake Virus¬†(TiLV) merupakan virus baru dalam budidaya perikanan yang secara signifikan menyebabkan kematian pada …